Blog detail

Lastest Blog

recent comments

There is no comment

Store Information

Bagaimana Cara Membuat Susu Almond Menggunakan Hurom ?
29
Dec
0
Admin KLI Resep
Bagaimana Cara Membuat Susu Almond Menggunakan Hurom ?

.

Tingginya kandungan kalsium, asam lemak baik, vitamin E, dan asam folat di dalam almond membuat almond digemari para pencinta hidup sehat. Bukan lagi disantap langsung atau menjadi topping kue, tapi kini diolah menjadi susu almond (raw almond milk).

.

Jika Anda seorang vegan, tidak suka susu, atau sensitif terhadap susu, susu almond adalah alternatif yang baik untuk gaya hidup sehat Anda. Seperti halnya susu kedelai, susu almond dikonsumsi sebagai alternatif susu sapi karena bebas laktosa dan kasein (protein susu sapi) yang menjadi sumber alergen bagi sebagian orang.

.

Apa saja manfaat susu almond ? (sumber : www.hellosehat.com )

1. Menyehatkan jantung

Susu almond tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh. Kandungan sodiumnya juga rendah dan lemak sehatnya tinggi (seperti asam lemak omega, seperti ditemukan pada ikan), yang membantu mencegah tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

.

2. Membantu menurunkan berat badan

Segelas susu almond mengandung hanya 39 kalori, setengah dari kalori yang tedapat pada susu skim sapi. Susu almond membantu Anda mengurangi atau menjaga berat badan sehat Anda.

.

3. Tulang jadi lebih kuat

Meskipun pada awalnya tidak mengandung banyak kalsium dan vitamin D seperti dalam susu sapi, tapi susu almond yang diperkaya dengan kalsium dan vitamin D justru memiliki kandungan kalsium dan vitamin D yang lebih dari susu sapi. Ini membuat susu almod baik untuk mengurangi risiko osteoporosis serta meningkatkan kesehatan tulang dan gigi.

.

4. Mengurangi risiko diabetes

Susu almond (tanpa bahan tambahan) memiliki karbohidrat rendah, yang berarti ia tidak langsung meningkatkan kadar gula darah Anda secara signifikan, sehingga mengurangi risiko terkena diabetes. Ini karena susu almond mengandung indeks glikemik rendah, dan tubuh Anda akan menggunakan karbohidrat sebagai energi, jadi gula tidak disimpan sebagai lemak.

.

5. Tidak mengandung laktosa

Orang yang mengidap intoleransi laktosa kesulitan mencerna gula dalam susu sapi. Jika Anda sering sakit perut atau diare setelah minum susu, mungkin Anda juga mengidap intoleransi laktosa. Jika demikian, susu almond lebih cocok dikonsumsi oleh Anda sebagai pengganti susu sapi, karena ia tidak mengandung laktosa.

.

.

Lalu bagaimana cara membuat susu almond ?

Caranya mudah sekali dengan menggunakan Hurom Slow Juicer. Berikut ini caranya :

.

Bahan :

- 1 Cup Almond mentah

- 3 Cup Air Matang

- Madu (tambahan)

.

Cara Membuat :

1. Cuci bersih kacang almond. Rendam dalam air bersih semalaman atau minimal selama 8 jam.

2. Bilas dengan air bersih karena air rendaman akan berwarna coklat keruh.

3. Tiriskan. Tuang dalam wadah dan tambahkan air matang.

4. Nyalakan Hurom Slow Juicer. Masukkan kacang almond dan air sedikit demi sedikit.

5. Susu almond segar siap disajikan.

.

Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat video berikut : Susu Almond ala Hurom

.

Jika ingin menambah cita rasa, Anda dapat menambahkan madu, bubuk kayu manis, atau perasa alami lainnya sesuai keinginan. Sebelum dikonsumsi, Anda juga dapat melakukan penyaringan terlebih dahulu menggunakan serbet bersih atau cheese cloth untuk hasil susu almond yang lebih lembut.

.

Raw Almond Milk ini dapat bertahan selama 3 hari dalam lemari pendingin. Atau Anda juga bisa merebus susu almond ini agar bertahan lebih lama hingga 1 minggu. Namun Anda perlu tahu bahwa proses pemasakan / pemanasan susu almond dapat mengurangi kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

.

Bagiamana, sangat mudah dan cepat bukan ?

Apakah Anda sudah memiliki Hurom Slow Juicer ? Jika belum, Anda dapat membeli Hurom di www.kawanlamainovasi.com